Oleh-oleh Khas Surabaya Murah dan Kekinian

posted in: Uncategorized | 2

Oleh-oleh Khas Surabaya, Surabaya adalah ibu kotanya Provinsi Jawa Timur kota terbesar kedua setelah kota Jakarta. Ada banyak tempat wisata di Surabaya yang wajib kamu kunjungi. Tak lengkap rasanya jika setelah liburan di Surabaya tapi tidak membawa oleh-oleh khas Surabaya untuk keluarga. Berikut ini adalah oleh-oleh khas Surabaya terbaru yang bisa dijadikan buah tangan untuk keluaraga di rumah.

1. Lapis Kukus Surabaya

oleh-oleh khas surabaya
Oleh-oleh khas Surabaya yang pertama Lapis Kukus Surabaya merk Pahlawan. Sudah santer di kotanya, lapis ini punya empat varian rasa. Ada Original, Brownies, Cheese, dan Choco Pandan. Kali pertama buka kardusnya, mata kita akan dimanjakan langsung dengan parutan keju asli yang berlimpah. Rotinya lembut maksimal, soft banget lah pokoknya, buat yang nggak ber-gigi, kue ini tetap bisa dinikmati. Pakai filling butter cream yang biasa, rasa yang dihasilkan jadi nggak terlalu manis dan justru nggak bikin eneg. Lapis Kukus Surabaya teksturnya lebih moist, karena mungkin menggunakan bahan tepung singkong.
Surga keju bisa kamu temukan di varian Cheese, rasa kejunya emang keju banget. Begitupun dengan varian Brownies, rasa cokelatnya dapet banget. Memiliki dua layer roti yang berbeda, varian Original adalah yang paling laris, nggak ada rasa yang terlalu dominan, enak, dan menurut Mimil sih cocok di semua lidah orang Indonesia. Kue ini berkisar antara Rp 25.000-Rp 28.000 aja.

2. Kaos Cak Cuk Surabaya

oleh-oleh khas surabaya
Seperti Joger Bali dan Dagadu Djokdja yang merupakan souvenir khas Bali dan Jogja, Cak Cuk merupakan produk khas kota Surabaya. Desain kaos ini memang unik dan lucu. Karena peminat wisata sejarah Surabaya yang cukup besar menjadikan peluang bisnis bagi Dwita Roesmika dan Hendra Wardhana, untuk membuat sebuah toko Cenderamata berlatar belakang Surabaya. Outlet pertamanya berada di Jl.Dharmawangsa 35 Sby.
Berbagai cenderamata bertemakan Surabaya telah diproduksi oleh toko ini diantaranya Kaos, Pin, Magnet, Patung, Mug, Tas, Remi, dan Monodolly. Harga yang ditawarkan beragam dari mulai Rp 5000,- untuk Pin dan Kaos dihargai mulai Rp 44.000,- untuk anak-anak dan Rp 64.000,- untuk dewasa. Dari semua cenderamata yang dijual Kaos menjadi barang favorit pengunjung untuk dibeli, terdapat empat macam tema Sablon Kaos diantaranya Surabaya Kota Pahlawan, Surabaya Kota Meso, Surabaya Kota Makanan dan Surabaya kota Lokalisasi. Seluruh Kaos berbahan Katun dengan berbagai model baik yang berkerah, oblong hingga lengan panjang, produksi Bandung yang kemudian diproduksi sendiri di pabrik Surabaya dan disablon di Sidoarjo . Untuk menjaga keorisinilan Cak-Cuk Surabaya mereka tidak membuka cabang di luar kota ataupun memasarkannya selain di Surabaya.

3. Surabaya Snow Cake

oleh-oleh khas surabaya
Dari namanya saja, sudah kelihatan jika makanan ini merupakan oleh-oleh khas yang bisa didapat dari Surabaya. Terinspirasi dari kue lapis, Snow Cake memiliki penampilan seperti inspiratornya namun memiliki beberapa perbedaan yang mendasar.
Mulai dari ketiga bagiannya yang sepenuhnya berbeda, yang paling atas dan yang paling bawah, sama-sama terbuat dari pastry yang renyah. Sedangkan bagian tengahnya dibuat dari roti yang memiliki warna cokelat. Keunikannya adalah penggunaan ‘salju’ di atasnya yang notabene adalah gula pasir yang halus sehingga mirip salju.
Rasanya juga beragam, mulai dari Snowcake Rasa Vanila, Caramel yang sudah jelas rasa manisnya, Choco Banana (rasa manis pisang dipadu cokelat), Choco Green Tea, dan Keju. Untuk bisa merasakan snow cake beraneka rasa, cukup merogoh kocek mulai dari 50.000 sampai 59.000 setiap satu kotak. Untuk mendapatkannya, bisa langsung menuju ke Jalan Flores nomor 15, Surabaya.

4. Sambel Pecel Nyamleng Khas Nganjuk

pecel nyamleng
Sambel Pecel Nyamleng adalah menu tradisional dari masyarakat jawa umumnya dan Kota Surabaya pada khususnya. Sambel Pecel Nyamleng sudah eksis di tahun 80’an di kota Surabaya. Sambel Pecel Nyamleng merupakan warisan leluhur yang tetap mempertahankan rasa dan kualitas. Dibuat dari bahan-bahan pilihan yang diolah secara tradisional tanpa bahan pengawet. Sebagai oleh-oleh khas surabaya sambel pecel ini sudah bisa dibeli di supermarket-supermarket di kota Surabaya dan sekitarnya dengan harga terjangkau.

5. Kerupuk Ikan Kenjeran

oleh-oleh khas surabaya
Penggemar Kerupuk mana suaranya? Yap, kalau lagi pelesir ke Surabaya jangan lupa membawa oleh-oleh murah meriah tapi enak yaitu Kerupuk Ikan Kenjeran. Nah, kalau sedang wisata ke Kenjeran kamu bisa mendapatkan oleh-oleh khas surabaya yang satu ini. Kerupuk Ikan Kenjeran bisa kamu beli yang sudah siap konsumsi atau yang bisa disimpan lama. Kerupuk-kerupuk mentah ini bisa kamu bawa pulang dan bahkan bisa kamu bagi-bagikan. Hampir semua jenis ikan dan seafood ada jenis kerupuknya mulai dari cumi-cumi, kerang, teripang, teri, hingga dari bahan rumput laut pun ada.

6. Siropen Telasih

oleh-oleh khas surabaya

Surabaya ternyata memiliki minuman khas yang menyegarkan, Siropen Telasih. Minuman ini telah berdiri sejak 1923 dan dikelola oleh perusahaan milik Belanda, sampai kemudian jatuh ke Indonesia setelah mengalami pergantian kepemilikan beberapa kali.

Dahulu, hanya kaum bangsawan yang bisa menikmati Siropen Telasih ini. Minuman yang diproduksi di Jalan Mliwis ini tidak menggunakan pemanis buatan sama sekali. Hal inilah yang membuat Siropen Telasih memiliki rasa yang khas dan nikmat. Minuman ini terdiri dari beberapa varian rasa seperti jeruk keprok, vanili, frambosen, mawar dan cocopandan.

Jika ingin membelinya sebagai oleh-oleh, Anda bisa memilih kemasan reguler atau premium. Pada kemasan premium, Siropen Telasih dikemas dalam botol serupa wine yang membuatnya tampak mewah dan berkelas.

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *